Jumat, 15 April 2011

Kurap Pada Anak-Anak

Kurap Pada Anak-Anak



kurap-pada-anak Tahukah Anda bahwa kulit adalah organ terbesar dari tubuh Anda? Luas permukaan kulit adalah sekitar 2 meter persegi. Kulit Anda memisahkan bagian dalam tubuh Anda dari dunia luar. Kulit melindungi Anda dari bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi, untuk merasakan panas dan dingin, juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh Anda.  Kondisi yang mengganggu, menyumbat atau yang merangsang kulit Anda dapat menyebabkan gejala seperti kemerahan, bengkak, terbakar, dan juga gatal. Alergi, iritasi, beberapa penyakit kulit dan masalah system kekebalan tubuh dapat menyebabkan dermatitis, gatal-gatal dan kondisi kulit lainnya. Anak-anak rentan sekali terhadap penyakit kulit ini, misalnya kurap.
Kurap pada anak-anak adalah hal yang lazim di zaman sekarang, dikarenakan bahwa penyakit kulit dapat berkembang melalui kontak langsung dan tidak langsung. Karena kurap yang menular jauh sebelum gejalanya muncul dan sulit untuk dicegah tanpa tindakan yang tepat. Kurap adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bebrapa infeksi jamur yang sangat menular, sering juga disebut dengan Tinea. Wilayah yang paling umum munculnya kurap adalah kulit kepala, badan, pangkal paha, kaki, dan kuku. Kurap tumbuh subur ditempat yang hangat, atau daerah tubuh yang lembab.
Kurap dapat menular melalui barang-barang seperti handuk, sikat dan barang pribadi lainnya. Setiap bagian yang terkena kurap menunjukkan gejala yang berbeda. Kurap kaki sangat umum terjadi dan dapat menyebabkan goresan ekstrim dan retak antara jari-jari kaki, hal ini membuatnya sangat mudah untuk menyebar. Kurap kulit kepala sangat umum terjadi pada anak-anak kecil. Kurap di kulit kepala mungkin dimulai dari sebuah jerawat kecil , sebagian kurap menyebar di kulit kepala dan berubah menjadi berwarna kuning dan rambut menjadi rapuh dan mudah patah, kebotakan sementara di daerah tersebut dapat terjadi.
Sulit untuk mencegah kurap pada anak-anak karena kontak dekat dengan anak-anak lainnya di sekolah. Selain itu, anak-anak juga dapat terinfeksi dari hewan peliharaannya. Obat kurap yang biasanya digunakan untuk mengobati penyakit kulit adalah salep antijamur, yang bisa juga dipakai sebagai obat anak. Selain itu ada juga obat yang alami, dan tidak memiliki efek samping. Obat ini biasa disebut Dermisil, yang berfungsi membunuh jamur dan mengurangi gatal.

2 komentar:

  1. Dok, keponakan saya umur 4tahun. Kepalanya tumbuh banyak bisul dan lukanya mengoreng serta kulit tubuhnya banyak tumbuh ruam merah yg lama kelamaan menghitam. Adakah saran obat yg tepat untuk keponakan saya tsb?
    Sebelumnya terimakasih!

    BalasHapus
  2. Dok..anak sy umur 4 th diwajahnya ada bercak putih disekitar pipi kanannya..sy sdh k spkk d jombang..dan katanya itu tanda lahir n dikasih salep..tp sampai skrg blm hilang..apa ada solusi lain dok biar tanda itu hilang soalnya anak sy perempuan..takut klo anaknya nanti tdk percya diri..makasih..

    BalasHapus